Pteridophyta (Tumbuhan Paku)


Tumbuhan paku digolongkan ke dalam tumbuhan vaskuler. Seperti pada tumbuhan vaskuler yang lain, maka tumbuhan paku mempunyai akar, batang dan daun. Batang biasanya berupa rizoma, ramping dan memanjang dengan daun tersebar.

Pteridophyta mempunyai persamaan dengan Bryophyta dan Spermatophyta dalam hal sebagai berikut:

Persamaan dengan Bryophyta

  1. Menghasilkan gamet yang berflagella
  2. Membutuhkan air untuk pembuahan
  3. Mempunyai struktur gametangia yang sama

Persamaan dengan Spermatophyta

  1. Mempunyai akar, batang, dan daun
  2. Mempunyai jaringan vaskuler
  3. Sporofit hidup bebas

Seperti halnya pada Bryophyta, maka pada Pteridophyta dijumpai adanya generasi haploid dan generasi diploid. Sel-sel pada generasi diploid (sporofit) mempunyai inti yang bersifat diploid. Gametofit merupakan generasi haploid, tumbuh bebas tanpa batang dan daun. Strukturnya sederhana dan disebut protalium. Sel-selnya mempunyai inti yang bersifat haploid.

Sporofit menghasilkan spora yang mungkin ukurannya sama (homospora), misalnya pada Lycopodium sp. dan Dryopteris sp. atau ukuran tidak sama (heterospora) misalnya pada Selaginella sp., Isoetes sp., dan Marsilea sp. Spora dihasilkan pada suatu struktur yang kuat yang disebut sporangia yang letaknya bervariasi. Ada yang terletak pada daun (sporofil) atau terletak pada struktur yang bercabang. Sporangia dan sporofil mungkin tersebar pada aksis vegetatif. Sporangia yang menghasilkan spora yang berbeda (heterospora), yaitu mikrospora dan makrospora, terdapat pada suatu struktur yang disebut “conus” atau “strobili” (Selaginella sp. dan Equisetum sp.) Sporangia juga dapat dihasilkan oleh suatu struktur khusus yang disebut sporokarp misalnya pada Marsilea sp., Salvinia sp., dan Azolla sp. Spora dihasilkan sebagai hasil pembelahan reduksi (meiosis) dari sel induk spora yang bersifat diploid. Spora yang haploid hasil pembelahan meiosis tersebut merupakan struktur awal dari pergantian generasi yang ditandai sebagai generasi gametofit.

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Pteridophyta dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pteridophyta (Tumbuhan Paku)

  1. Ping balik: Pteridophyta (Tumbuhan Paku) | Cerita Biologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s