Generasi Sporofit Bryophyta


ZIGOT

Telur yang sudah dibuahi disebut zigot yang dikelilingi oleh substansi selulose. Zigot mempunyai inti diploid yang mengandung bahan kromatin yang berasal dari kedua gamet. Zigot merupakan awal dari generasi sporofit pada siklus hidup dan tidak tergantung pada gametofit tanaman induk.

EMBRIO

Di dalam arkegonium zigot melanjutkan segmentasi dan berkembang tanpa periode istirahat ke dalam struktur yang multiseluler dan belum terdiferensiasi yang disebut embrio. Embrio membutuhkan pemeliharaan yang berasal langsung dari tanaman induk. Stadium embrio pada Bryophyta sangat pendek.

SPOROGONIUM

Embrio terus mengalami segmentasi. Selanjutnya terdiferensiasi dan akhirnya berkembang ke dalam suatu individu Bryophyta sporogonium tetap terselubung di dalam jaringan gametofit. Misalnya pada Riccia sp.

Umumnya tonjolan sporogonium terdiri atas 3 bagian yaitu kaki, seta dan kapsula. Kaki terselubung di dalam jaringan gametofit dan berfungsi untuk menyerap makanan bagi sporogonium, seta berfungsi untuk membantu mengantarkan makanan yang diabsorbsi oleh kaki menuju kapsula. Di dalam kapsula terdapat sporangium yang berisi banyak spora. Dengan adanya pembelahan meiosis dari sel induk spora, maka terbentuklah spora yang haploid. Spora tersebut dikeluarkan dari sporangium dengan bantuan angin. Pembelahan meiosis dari sel induk spora tersebut mengakhiri generasi sporofit pada siklus hidup.

Meiospora yaitu spora hasil pembelahan meiosis merupakan tanda dimulainya generasi gametofit yang baru. Masing-masing spora pada kondisi lingkungan yang cocok akan berkecambah dan menghasilkan tumbuhan gametofit.

Sporogonium merupakan hasil keseluruhan aktivitas seksual yaitu perkembangan dari embrio. Sporogonium tetap melekat pada tumbuhan yang menghasilkan alat kelamin. Sporogonium bersifat diploid dan hal ini berbeda dengan gametofit yang bersifat haploid.

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di Sporofit Bryophyta dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s