Sifat Enzim


ENZIM ADALAH PROTEIN

Karena enzim adalah protein, kerja enzim seperti sifat protein yaitu membutuhkan kondisi lingkungan (suhu, pH, konsentrasi ion, dan sebagainya) yang sesuai. Lingkungan enzim yang tidak cocok menyebabkan enzim rusak sehingga tidak mampu bekerja dengan baik.

ENZIM BEKERJA SPESIFIK

Di dalam sel terdapat ribuan jenis enzim yang fungsinya masing-masing sangat spesifik. Tiap enzim hanya dapat bekerja untuk mengkatalis reaksi yang spesifik. Dengan kata lain, suatu enzim hanya dapat bekerja untuk substratnya yang cocok.

ENZIM SEBAGAI KATALIS

Katalis mengubah kecepatan reaksi, namun tidak mengubah produk akhir yang dibentuk atau mempengaruhi keseimbangan reaksi.

ENZIM HANYA DIPERLUKAN DALAM JUMLAH SEDIKIT

Sesuai dengan fungsinya sebagai katalis, enzim hanya diperlukan dalam jumlah sedikit. Sejumlah kecil enzim dapat meningkatkan kecepatan reaksi secara hebat.

ENZIM BEKERJA SECARA BOLAK-BALIK

Enzim tidak mempengaruhi arah reaksi, sehingga dapat bekerja bolak-balik. Enzim dapat menguraikan suatu senyawa menjadi senyawa-senyawa lain. Enzim juga dapat menyusun senyawa-senyawa menjadi senyawa tertentu.

ENZIM DIPENGARUHI OLEH FAKTOR LINGKUNGAN

Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kerja enzim adalah suhu, pH, aktivator dan inhibitor, serta konsentrasi enzim dan substrat.

Pos ini dipublikasikan di Sifat Enzim dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s