Aliran Materi dan Energi


Perpindahan materi/zat dan energi dari makhluk hidup yang satu ke makhluk hidup yang lainnya melalui peristiwa memakan dan dimakan disebut aliran materi dan energi. Karena perpindahan energi itu berlangsung melalui peristiwa memakan dan dimakan sehingga membentuk suatu rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan.

Rantai Makanan

Perpindahan energi yang terjadi di dalam sebuah ekosistem melalui serangkaian proses memakan dan dimakan yang sederhana, membentuk semacam rantai yang disebut rantai makanan.

Jaring-jaring Makanan

Sejumlah rantai makanan itu berhubungan satu dengan lainnya, sehingga membentuk semacam jaring-jaring yang disebut jaring-jaring makanan.

Piramida Makanan

Dalam tingkatan makanan (trofi), khususnya produsen dan konsumen dapat ditentukan berdasarkan jumlah individunya, biomassanya atau kandungan energinya. Pada umumnya makin tinggi tingkatan trofinya makin sedikit jumlah individunya, biomassanya atau kandungan energinya, sehingga membentuk suatu piramida yang disebut piramida makanan atau piramida ekologi.

Berdasarkan satuan ukuran yang digunakan, piramida makanan dapat dibedakan menjadi piramida jumlah, piramida biomassa, dan piramida energi.

ARTIKEL TERKAIT

Pos ini dipublikasikan di Aliran Materi dan Energi dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s